Pasal Pemakzulan Trump Diserahkan ke Senat AS, Sidang Dimulai 21 Januari

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 10:40 WIB
Donald Trump (AP Photo/Alex Brandon)
Donald Trump (AP Photo/Alex Brandon)
Washington DC - Dua pasal pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah diserahkan oleh House of Representatives (HOR) atau DPR AS kepada Senat. Dijadwalkan, sidang pemakzulan Trump akan digelar perdana mulai Selasa (21/1) mendatang.

Seperti dilansir AFP, Kamis (16/1/2020), Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, telah menandatangani pasal pemakzulan Trump, yang terdiri atas pasal penyalahgunaan kekuasaan dan pasal menghalangi Kongres AS, sebelum secara seremonial masuk ke ruang Senat yang didominasi Partai Republik pada Rabu (15/1).

"Sungguh menyedihkan, sungguh tragis bagi negara kita, bahwa tindakan yang diambil presiden untuk merusak keamanan nasional kita, melanggar sumpah jabatan dan membahayakan keamanan pemilu kita, telah membawa kita ke tempat ini," sebut Pelosi sebelum menandatangani pasal pemakzulan Trump.


Disimpan dalam map warna biru, dua pasal pemakzulan Trump diserahkan kepada petugas administrasi Senat oleh pejabat Kongres AS, termasuk manajer-manajer DPR AS yang dipilih untuk menjadi jaksa dalam sidang pemakzulan Trump.

Anggota DPR AS, Adam Schiff (59) dari Partai Demokrat yang mewakili wilayah California selama nyaris dua dekade terakhir, telah ditunjuk menjadi Ketua Jaksa untuk kasus pemakzulan Trump. Schiff akan memimpin tim manajer DPR AS dalam sidang pemakzulan Trump.

Ketua Mayoritas Senat AS, Mitch McConnell, kemudian mengundang para manajer DPR AS untuk secara resmi membacakan pasal-pasal itu di ruang sidang Senat pada Kamis (16/1) siang waktu setempat.



Tonton video Trump Jadikan Kematian Soleimani Bahan Kampanye di Pilpres 2020:


Selanjutnya
Halaman
1 2