Pabrik Kimia di Spanyol Meledak, 2 Orang Tewas dan 8 Terluka

Indra Komara - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 03:59 WIB
Ilustrasi garis polisi. (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Ilustrasi garis polisi. (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Jakarta - Sebuah pabrik kimia di Spanyol meledak dan memicu kobaran api yang besar. Sebanyak dua orang tewas dan delapan mengalami luka-luka akibat ledakan pabrik yang berada di timur laut Spanyol tersebut.

Menteri dalam negeri regional Catalan, Miquel Buch mengatakan mayat ditemukan di bawah reruntuhan di lokasi di kawasan industri di La Canonja, tepat di luar kota pelabuhan Tarragona. Otoritas perlindungan sipil Spanyol mengidentifikasi korban merupakan karyawan pabrik.



Rekaman video ledakan di pabrik kimia itu tersebar. Dilaporkan, salah satu korban tewas diduga terkena lembaran logam yang terlempar ke udara akibat ledakan.

"Dua orang dilarikan ke rumah sakit dengan luka bakar yang parah, sementara satu orang mengalami luka bakar yang tidak terlalu serius dan lima orang lainnya luka ringan," kata kata tim penyelamat dan pejabat setempat, seperti dikutip AFP, Rabu (15/1/2020).

Dinas pemadam kebakaran setempat mengatakan sekitar 20 mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Buch menjelaskan ada bahan-bahan kimia yang terbakar.



Direktur jenderal IQOXE, Jose Luis Morlanes bersikeras perusahaan yang memproduksi deterjen hingga kosmetik itu tidak melakukan kesalahan.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak berwenang dan mengikuti semua instruksi mereka," katanya kepada wartawan.



Pabrik Kimia di Spanyol Meledak Hebat, 1 Orang Tewas:

[Gambas:Video 20detik]

(idn/isa)