Round-Up

Geger Siswa Terluka karena Pesawat 'Kencing' di Angkasa

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 20:39 WIB
Ilustrasi pesawat (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Los Angeles - Sebuah pesawat penumpang terpaksa membuang bahan bakar karena mengalami gangguan mesin. Celakanya, bahan bakar tersebut menyebabkan siswa sekolah dasar (SD) di wilayah Los Angeles, Amerika Serikat (AS), mengalami luka ringan.

Pesawat tersebut diketahui milik Delta Airlines dengan nomor penerbangan 89 yang lepas landas dari Los Angeles pada Selasa (14/1) waktu setempat. Pesawat tersebut terbang menuju Shanghai, China.

Juru bicara Delta Airlines mengatakan pesawat terpaksa putar balik karena masalah mesin, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (15/1/2020). Akhir cerita, pesawat tersebut mendarat selamat setelah 'kencing' di angkasa.


Sementara, pejabat-pejabat dinas pemadam kebakaran menyatakan ada sekitar 20 siswa dan belasan orang dewasa yang terluka ringan akibat terkena bahan bakar yang buang pesawat. Mereka mengalami iritasi kulit atau masalah pernapasan. Namun para korban telah ditangani di tempat tanpa perlu dilarikan ke rumah sakit.

Bahan bakar tersebut jatuh ke area yang luas, termasuk Sekolah Dasar Park Avenue, yang berjarak sekitar 25 kilometer sebelah timur bandara Los Angeles. Bahan bakar pesawat tersebut juga jatuh di sekolah-sekolah lainnya di selatan Los Angeles. Namun tak ada luka-luka di kalangan siswa maupun staf sekolah meski saat itu mereka berada di taman bermain.



"Mereka mungkin terkena bahan bakar atau menghirupnya," demikian pernyataan pihak Distrik Sekolah Terpadu Los Angeles. Pihak sekolah segera menelepon paramedis yang menangani semua orang yang mengeluhkan iritasi kulit atau masalah pernapasan.

Geger Siswa Terluka karena Pesawat 'Kencing' di AngkasaPesawat maskapai Delta Airlines terpaksa membuang bahan bakar karena harus mendarat darurat setelah mengalami gangguan mesin (Foto: AP)


Pihak maskapai menjelaskan soal pesawat 'kencing' di angkasa. Juru bicara Delta mengatakan bahan bakar dibuang untuk memungkinkan pesawat mendarat dengan selamat.

"Tak lama setelah lepas landas, Penerbangan 89 dari LAX (bandara Los Angeles) menuju Shanghai mengalami masalah mesin yang mengharuskan pesawat kembali segera ke LAX," kata Adrian Gee dalam sebuah pernyataan.

"Pesawat mendarat dengan selamat setelah pembuangan bahan bakar, yang diperlukan sebagai prosedur normal untuk mencapai bobot pendaratan yang aman," imbuhnya.

"Kami melakukan kontak dengan Los Angeles World Airports dan Dinas Pemadam Kebakaran Wilayah Los Angeles dan turut prihatin akan laporan luka-luka ringan pada orang dewasa dan anak-anak di sebuah sekolah di wilayah itu," ujarnya. (jbr/idn)