David Calhoun Jadi CEO Baru Boeing

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 18:34 WIB
Ilustrasi (AP Photo/Ted S. Warren, File)
Chicago - Boeing memiliki CEO baru yang menggantikan Dennis Muilenburg yang dicopot dari jabatannya. David Calhoun resmi mulai menjabat CEO Boeing sejak Senin (13/1) waktu AS dan akan memimpin Boeing menghadapi krisis 737 MAX yang terlibat dua kecelakaan fatal yang menewaskan total 346 orang.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Senin (13/1/2020), Calhoun (62) yang merupakan salah satu direktur dalam tubuh Boeing sejak lama, ditunjuk menjadi CEO baru Boeing sejak 23 Desember 2019, setelah direksi mencopot Muilenburg dari jabatannya.

Muilenburg dicopot di tengah kekhawatiran soal hubungan Boeing dengan regulator penerbangan federal Amerika Serikat (FAA) dan cara perusahaan itu menangani krisis MAX.


Diketahui bahwa Boeing 737 MAX di-grounded secara global sejak Maret 2019 hingga kini. Boeing telah memperkirakan biaya grounding 737 MAX mencapai lebih dari US$ 9 miliar dan diperkirakan akan ada biaya tambahan saat pendapatan kuartal keempat dirilis pada 29 Januari mendatang.

Boeing menghadapi kenaikan biaya karena menghentikan produksi 737 MAX mulai bulan ini, kemudian harus membayar kompensasi kepada maskapai-maskapai penerbangan yang mengalami kerugian karena grounding dan berupaya membantu rantai pasokannya.

Calhoun yang pernah menjabat sebagai eksekutif pada perusahaan ekuitas swasta Blackstone dan menjadi manajer krisis korporat ini, telah berupaya memperbaiki hubungan Boeing dengan para regulator penerbangan, maskapai dan anggota parlemen AS.


Tonton juga Mulai Januari 2020, Boeing Hentikan Sementara Produksi 737 MAX :


Selanjutnya
Halaman
1 2