Trump Peringatkan Pemimpin Iran: Jangan Bunuh Demonstran!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 16:07 WIB
Donald Trump (AP Photo)
Donald Trump (AP Photo)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melontarkan peringatan terbaru untuk pemimpin Iran terkait aksi ribuan demonstran Iran yang memprotes pemerintah usai pengakuan ditembak jatuhnya pesawat maskapai Ukraina. Trump memperingatkan otoritas Iran untuk tidak membunuh para demonstran antipemerintah.

"Untuk para pemimpin Iran - JANGAN BUNUH DEMONSTRAN KALIAN. Ribuan orang tewas atau dipenjarakan oleh kalian dan dunia mengawasi," tulis Trump via akun Twitternya, seperti dilansir AFP dan CNN, Senin (13/1/2020).

"Yang lebih penting, AS mengawasi," tegasnya. "Aktifkan kembali internet Anda dan biarkan wartawan bebas berkeliaran! Hentikan pembunuhan rakyat Iran yang hebat!" imbuh Trump.


Komentar Trump via Twitter itu diposting beberapa jam setelah Trump menyampaikan dukungan pemerintah AS untuk para demonstran Iran. Dalam pernyataan dukungannya, Trump mengklaim dirinya telah 'berdiri' bersama rakyat Iran sejak dia menjabat Presiden AS sekitar tiga tahun lalu.

"Pemerintahan saya akan terus mendukung kalian. Kita semua mengikuti unjuk rasa kalian secara saksama, dan terinspirasi dengan keberanian kalian," demikian pernyataan Trump dalam bahasa Inggris dan Farsi.

Diketahui bahwa ribuan warga Iran turun ke jalanan Teheran dan beberapa kota lainnya sejak Sabtu (11/1) waktu setempat, setelah militer Iran mengakui secara tak sengaja menembak jatuh pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Ukraine International Airlines. Pengakuan itu disampaikan setelah menyangkal selama tiga hari.

Total 176 penumpang dan kru pesawat tewas dalam insiden itu, dengan sebagian besar merupakan warga Iran dan warga Kanada keturunan Iran. Dalam pernyataannya, militer Iran menyebut pesawat penumpang itu terbang terlalu dekat dengan sebuah lokasi militer sensitif dan ditembak jatuh akibat kesalahan manusia 'dalam masa krisis yang disebabkan adventurisme AS'.
Selanjutnya
Halaman
1 2