2 Bom Era Perang Dunia II Ditemukan di Jerman, 14 Ribu Warga Dievakuasi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 15:22 WIB
ilustrasi temuan bom Perang Dunia II (Foto: AFP)
Berlin - Dua bom era Perang Dunia II ditemukan di kota Dortmund, Jerman. Sekitar 14 ribu warga dievakuasi terkait temuan tersebut.

Sebelum temuan tersebut, para pejabat setempat telah mengingatkan bahwa bom-bom yang dijatuhkan pasukan sekutu selama Perang Dunia II, kemungkinan terkubur di empat lokasi di kawasan padat penduduk di pusat kota Dortmund.




Seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (13/1/2020), para pekerja telah mendeteksi adanya keanehan saat pekerjaan konstruksi di sebuah lokasi di Dortmund. Setelah dilakukan pencarian akhirnya ditemukan dua bom Perang Dunia II yang belum meledak, yang beratnya masing-masing 250 kilogram, satu bom milik Inggris dan satunya lagi bom Amerika Serikat.

Kedua bom itu berhasil diamankan pada Minggu (12/1) waktu setempat. Adapun pencarian untuk dua bom lainnya tidak membuahkan hasil.

Terkait temuan dua bom tersebut, dilakukan evakuasi sekitar 14 ribu orang, termasuk evakuasi dua rumah sakit dan interupsi lalu lintas kereta.




Temuan bom-bom era Perang Dunia II bukanlah hal asing di Jerman. Pada September 2019 lalu, sebuah bom era Perang Dunia II berhasil diamankan di Hanover, dengan sekitar 15 ribu orang dievakuasi. Bom tersebut beratnya 250 kilogram.

Di kota Frankfurt pada 2017 silam, sekitar 65 ribu orang dievakuasi ketika sebuah bom seberat 1,4 ton ditemukan. Ini merupakan operasi evakuasi terbesar di Jerman sejak berakhirnya Perang Dunia II di Eropa pada tahun 1945.

(ita/ita)