Negara Eropa Desak Iran Kembali ke Perjanjian Nuklir

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 04:37 WIB
Bendera Iran / Foto: REUTERS/Morteza Nikoubazl
Paris - Negara-negara Eropa seperti Prancis, Jerman, dan Inggris mendesak Iran kembali ke kesepakatan perjanjian nuklir Teheran pada tahun 2015 lalu. Perjanjian itu membatasi ambisi nuklir Iran.

Dilansir AFP, Senin (13/1/2020), Prancis, Jerman, dan Inggris adalah negara yang menandatangani kesepakatan perjanjian tersebut. Pernyataan bersama ini muncul ketika demonstrasi rakyat Iran pecah dan pemerintah Iran mengakui menembak pesawat Ukraina yang jatuh.

"Kami telah menyatakan keprihatinan kami yang mendalam pada tindakan yang diambil oleh Iran yang melanggar komitmennya sejak Juli 2019. Tindakan ini harus dibalik," demikian bunyi pernyataan dari negara-negara Eropa tersebut.



Tiga negara yang menandatangani dan mitra Uni Eropa mengatakan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) memainkan peran kunci. Selain itu, memastikan Iran tidak mengembangkan senjata nuklir.

"Kepentingan mendasar keamanan bersama," kata pernyataan tersebut.

"Kita harus mengatasi melalui diplomasi dan dengan cara yang bermakna, berbagi keprihatinan tentang aktivitas regional Iran yang tidak stabil, termasuk yang terkait dengan program misilnya," imbuh pernyataan itu.



Penembakan Pesawat Ukraina, Jenderal Iran Ingin Mati:


Selanjutnya
Halaman
1 2