Telepon Rouhani, Presiden Ukraina: Kami Sepakat Urai Kotak Hitam Bersama

Jabbar Ramdhani - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 08:55 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Kiev - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan telah berbicara dengan Presiden Iran Hassan Rouhani terkait penembakan pesawat sipil yang menewaskan 176 penumpang di dalamnya. Zelenskiy mengatakan sepakat dengan Rouhani untuk sama-sama mengidentifikasi jasad korban.

"Kami (Zelenskiy dan Presiden Iran Rouhani) sepakat bahwa ia akan memerintahkan penyelesaian sesegera mungkin, dan dibantu oleh para ahli Ukraina, mengenai identifikasi mayat-mayat dan mempersiapkan mereka untuk kembali ke Ukraina. Ini harus segera terjadi," kata Zelenskiy dalam pidato yang disiarkan televisi negara seperti dilansir Associated Press, Minggu (12/1/2020).

Zelenskiy mengatakan Ukraina dan Iran akan menganalisis kotak hitam bersama. Dia menegaskan kedua belah pihak akan menyelesaikan insiden ini bersama.


"Kami juga sepakat untuk mulai bekerja bersama untuk menguraikan dua perekam on board - 'kotak hitam'. Kami telah menyetujui kerja sama hukum dan teknis penuh, termasuk masalah kompensasi. Kami sepakat bahwa tidak ada yang akan ditolak," kata dia.

Zelenskiy berterima kasih kepada komunitas internasional, dan Kanada, AS dan Inggris khususnya, atas dukungan mereka hingga akhirnya Iran mengakui fakta-fakta jatuhnya pesawat.


Tonton juga Penembakan Pesawat Ukraina, Jenderal Iran Ingin Mati :


Selanjutnya
Halaman
1 2