63 Warga Jadi Korban Pesawat Jatuh, PM Kanada: Iran Harus Tanggung Jawab!

Jabbar Ramdhani - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 05:19 WIB
Foto: Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)
Ottawa - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menuntut Iran memberi "kejelasan penuh" soal penembakan pesawat Ukraina yang menewaskan semua 176 penumpang. Penembakan di dekat Teheran itu menewaskan 63 warga Kanada.

Seperti dilansir AFP, Minggu (12/1/2020), Trudeau mengatakan dia menyampaikan permintaan itu saat menelepon Presiden Iran Hassan Rouhani. Pada Sabtu (11/1), Rouhani mengakui rudal Iran keliru menembak jatuh pesawat itu.

Pada konferensi pers yang disiarkan televisi, Trudeau mengaku mengatakan kepada Rouhani bahwa pengakuan itu merupakan "langkah penting" tetapi "banyak langkah lain harus diambil".


"Investigasi penuh dan lengkap harus dilakukan," katanya. "Kita perlu kejelasan penuh tentang bagaimana tragedi mengerikan bisa terjadi," sambungnya.

"Iran harus bertanggung jawab penuh," kata Trudeau.

63 Warga Jadi Korban Pesawat Jatuh, PM Kanada: Iran Harus Tanggung Jawab!Puing pesawat Ukraine International Airlines yang ditembak di Iran (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Trudeau mengatakan dia bersikeras kepada Rouhani bahwa Kanada diizinkan untuk berpartisipasi dalam penyelidikan.


Tiga anggota tim penyebaran cepat Kanada sedang dalam perjalanan ke Iran, dan harus berada di darat dalam beberapa jam untuk mendukung keluarga para korban Kanada, katanya.

Trudeau mengatakan anggota tim tambahan akan menyusul ke Iran. Dia menambahkan bahwa Iran sedang bekerja pada pemberian visa.

Selanjutnya
Halaman
1 2