Sultan Qaboos bin Said Wafat, Oman Tunjuk Menteri Kebudayaan Jadi Penerus

Jabbar Ramdhani - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 04:49 WIB
Foto: Sultan Qaboos bin Said (Andrew Caballero-Reynolds/Pool Photo via AP, File)


"Haitham bin Tariq dilantik sebagai sultan baru negara itu ... setelah pertemuan keluarga yang memutuskan untuk menunjuk orang yang dipilih oleh sultan," kata pemerintah Oman dalam sebuah cuitan pada Sabtu (11/1).


Pengumuman itu datang ketika orang-orang Oman berjejer di jalan-jalan ibu kota, Muskat, untuk melihat sepintas iring-iringan mobil yang membawa mayat Sultan Qaboos bin Said, yang meninggal beberapa jam sebelumnya.

Haitham bin Tariq Al Said yang sebelumnya menjabat Menteri Warisan dan Kebudayaan Nasional Oman berjanji mengikuti kebijakan tanpa gangguan yang menjadikan kerajaan sebagai mediator regional yang vital di bawah mendiang sepupunya Sultan Qaboos yang memerintah selama setengah abad.

"Kami akan mengikuti jalan almarhum sultan," kata Haitham dalam pidato publik pertamanya yang disiarkan langsung di televisi pemerintah seperti dilansir AFP.

Dia menyatakan dukungannya untuk "kebijakan luar negeri negara kita tentang hidup damai di antara bangsa-bangsa dan orang-orang ... dan tidak mencampuri urusan dalam negeri orang lain, menghormati kedaulatan negara dan kerja sama internasional."
Halaman

(jbr/ibh)