Sultan Qaboos bin Said Wafat, Oman Tunjuk Menteri Kebudayaan Jadi Penerus

Jabbar Ramdhani - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 04:49 WIB
Foto: Sultan Qaboos bin Said (Andrew Caballero-Reynolds/Pool Photo via AP, File)
Muskat - Sultan Qaboos bin Said dari Oman tutup usia di umur 79 tahun. Sultan Qaboos dikenal karena mengubah Oman dari kesultanan Arabnya menuju modernitas.

Dilansir Associated Press, Minggu (12/1/2020), Sultan Qaboos merupakan raja penguasa paling lama di Timur Tengah. Dia menjabat setelah merebut kekuasaan dalam kudeta istana tahun 1970.

Sultan Qaboos juga menjaga kedamaian di Oman. Di bawah pemerintahannya, Oman dikenal sebagai tujuan wisata yang ramah dan teman bicara utama Timur Tengah.

Dia dikenal secara internasional karena keseimbangan diplomatiknya di Teluk Persia yang tidak stabil. Sultan Qaboos juga sering bertindak sebagai fasilitator pembicaraan antara musuh-musuh Iran dan AS.


Kantor berita milik pemerintah Oman mengumumkan kematiannya Sabtu (11/1) pagi, tetapi tidak memberikan alasan. Pengadilan kerajaan menyatakan tiga hari berkabung. Mengikuti tradisi Islam, Sultan Qaboos dimakamkan sebelum malam tiba.

Sultan Qaboos yang belum menikah dan tidak memiliki anak, tidak meninggalkan pewaris yang jelas. Di bawah konstitusi, penggantinya akan dipilih dalam pertemuan keluarga kerajaan.

Jika mereka tidak setuju, orang yang dipilih oleh sultan dan namanya dalam surat tersegel adalah untuk menggantikannya. TV pemerintah mengatakan bahwa surat itu telah dibuka, tanpa menjelaskan mengapa.

Sultan Qaboos bin Said Wafat, Oman Tunjuk Menteri Kebudayaan Jadi PenerusFoto: Haitham bin Tariq ditunjuk pemerintah Oman sebagai penerus Sultan Qaboos bin Said (Oman News Agency via AP)

Selanjutnya
Halaman
1 2