ADVERTISEMENT

Iran Pastikan Personel yang Tembak Jatuh Pesawat Sipil Ukraina Akan Diadili

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 11 Jan 2020 13:44 WIB
lokasi jatuhnya pesawat sipil Ukraina di Iran (Foto: AP Photo)
Teheran - Militer Iran mengaku telah secara tak sengaja menembak jatuh pesawat penumpang milik maskapai Ukraina di Teheran, Iran pekan ini. Militer Iran pun memastikan bahwa para personelnya yang bertanggung jawab atas tragedi itu akan diadili.

Dalam pernyataan yang disampaikan dalam rilis pers seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (11/1/2020), militer Iran menyatakan bahwa para pelaku akan segera dibawa ke pengadilan militer.

"Kami meyakinkan Anda bahwa dengan melakukan reformasi mendasar dalam proses operasional di tingkat Angkatan Bersenjata, kami tidak akan mungkin mengulangi kesalahan semacam itu," demikian disampaikan militer Iran dalam rilis persnya.


Militer Iran hari ini mengakui telah menembakkan rudal yang menyebabkan jatuhnya pesawat sipil Ukraina, yang menewaskan keseluruhan 176 penumpang dan kru. Pengakuan ini disampaikan setelah pemerintah Iran berulang kali membantah tuduhan negara-negara Barat bahwa pihaknya bertanggung jawab atas tragedi itu.

Pesawat penumpang tersebut ditembak jatuh pada Rabu (8/1) pagi waktu setempat, beberapa jam setelah Iran melancarkan serangan rudal balistik ke dua pangkalan militer yang menjadi markas pasukan Amerika Serikat di Irak. Serangan rudal itu sebagai pembalasan atas tewasnya jenderal Iran, Qassem Soleimani dalam serangan udara AS di Baghdad, Irak.



Detik-Detik Pesawat Ukraina Diduga Terkena Rudal Iran:


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT