Awan Asap Kebakaran Hutan Australia Terlihat Hingga Chile dan Argentina

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 19:16 WIB
Helikopter militer mengudara di tengah kepulan asap kebakaran hutan Australia (SAEED KHAN/AFP)
Santiago - Kebakaran hutan di Australia terus berlanjut. Kepulan awan akibat asap kebakaran hutan itu dilaporkan terpantau hingga ke wilayah Chile dan Argentina, yang berjarak lebih dari 12 ribu kilometer jauhnya.

Seperti dilansir AFP, Selasa (7/1/2020), penampakan awan akibat asap kebakaran hutan Australia itu dilaporkan oleh Badan Meteorologi Chile yang ada di wilayah Amerika Selatan pada Senin (6/1) pagi waktu setempat.

"Efeknya terlihat di matahari melalui nuansa merah. Efek ini diproduksi oleh awan asap yang datang dari kebakaran hutan," tutur Kepala Badan Meteorologi Chile, Patricio Urra, kepada AFP.


Awan asap itu, sebut Urra, naik hingga ketinggian 6 ribu meter di atas permukaan laut. Menurut Urra, tidak ada alasan meteorologi bagi awan asap itu untuk kembali ke Bumi.

Ditegaskan Urra bahwa awan asap dari kebakaran hutan itu tidak mengancam warga Chile.

Dalam laporan terpisah, Badan Meteorologi Argentina merilis sejumlah citra satelit yang menunjukkan awan asap tersebut.


Disebutkan Badan Meteorologi Argentina bahwa awan asap itu 'dibawa oleh sistem frontal yang bergerak dari barat ke timur'. Namun, ditambahkan Badan Meteorologi Argentina bahwa yang bisa dilihat kasat mata adalah 'matahari yang sedikit lebih merah'.

Perusahaan meteorologi setempat, Metsul, melaporkan bahwa awan akibat asap kebakaran hutan Australia itu juga mencapai Rio Grande del Sur di Brasil.



Penampakan Langit Merah Darah dari Kokpit Pesawat:

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/haf)