Malam Tahun Baru, Polisi AS Harap Times Square Jadi Tempat Teraman di Bumi

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 18:24 WIB
Ilustrasi -- Perayaan pergantian tahun yang meriah di Times Square (AP Photo/Adam Hunger, File)

Secara terpisah, Komisioner Polisi Dermot Shea menyatakan tidak ada ancaman kredibel yang spesifik terhadap pesta pergantian tahun di kawasan Times Square. Diperkirakan ratusan ribu orang akan memenuhi area Manhattan, New York dan acara di Times Square akan ditonton jutaan orang via televisi. Artis terkemuka seperti Post Malone, BTS dan Alanis Morissette akan tampil di panggung yang dibangun di jantung Times Square.

Lebih lanjut, Shea menyatakan para penonton harusnya merasa aman, namun mengimbau mereka untuk tetap waspada dan memberitahu polisi di lokasi atau menghubungi polisi via telepon jika merasa ada hal yang tidak beres.

"Ini akan menjadi salah satu perayaan yang paling dijaga dengan baik, paling dilindungi di seluruh dunia dan kita akan mendapati malam Tahun Baru yang aman dan bisa dinikmati," ucap Shea.


Jalanan di sekitar Times Square nantinya akan ditutup beberapa jam sebelum pesta malam Tahun Baru digelar, yang akan diwarnai dengan penjatuhan bola dari atas salah satu gedung. Mobil-mobil polisi dan truk berisi pasir akan diposisikan untuk mencegah kendaraan melaju ke arah kerumunan orang.

Setiap orang yang menghadiri pesta malam Tahun Baru di Times Square harus menjalani pemeriksaan dengan metal detector sebelum masuk ke dalam lokasi.

Tas ransel, kursi lipat dan pendingin dilarang untuk dibawa, juga drone pribadi. NYPD juga menambahkan bahwa minuman beralkohol akan dilarang keras di sekitar kawasan Times Square saat pesta malam Tahun Baru digelar. Tidak akan ada toilet di sekitar area perayaan dan siapa saja yang meninggalkan lokasinya tidak akan diizinkan kembali ke lokasi awal.

Pihak kepolisian akan memantau situasi melalui lebih dari 1.000 kamera CCTV yang terpasang di berbagai lokasi, juga dari kamera yang terpasang pada helikopter polisi dan sejumlah drone yang dilengkapi kemampuan citra termal dan 3D-mapping serta lensa kamera yang kuat sehingga bisa memperbesar objek.


(nvc/dhn)