Baku Tembak di Kashmir Tewaskan Tentara India dan Pakistan

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 02:16 WIB
Tentara berjaga di Kashmir India (Foto: AFP Photo/TAUSEEF MUSTAF)
Kashmir - Baku tembak antara tentara Pakistan dan India terjadi di wilayah sengketa Kashmir. Peristiwa itu menewaskan empat orang tewas, termasuk tiga orang tentara.

Juru bicara militer Pakistan Mayor Jenderal Asif Ghafoor, mengatakan dua tentara Pakistan tewas di wilayah pegunungan Kashmir. Pihak Pakistan juga mengklaim ada tiga tentara India tewas.



Menteri luar negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi mengutuk pelanggaran gencatan senjata yang menewaskan dua tentaranya. Dia juga menuduh Perdana Menteri India Narendra Modi berusaha mengganggu perdamaian di kawasan itu.

Namun, juru bicara militer India Kolonel Rajesh Kalia mengatakan jumlah tentaranya yang tewas hanya satu orang. Korban tewas lainnya yakni seorang warga sipil

"Dalam pelanggaran gencatan senjata oleh pasukan Pakistan di sepanjang LoC di sektor Rampur di Jammu dan Kashmir," kata pihak berwenang India dalam pernyatannya seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (26/12/2019).



India dan Pakistan sama-sama memiliki Kashmir di sebagian dan mengklaim secara penuh. China juga mengendalikan sebagian wilayah yang diperebutkan, tetapi India dan Pakistan yang telah berperang dua kali atas Kashmir.
Halaman

(abw/zak)