Istri Diplomat AS Didakwa Terkait Kasus Tabrak Mati Pemuda Inggris

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 17:40 WIB
Ayah tiri dan ibunda Harry Dunn, Bruce (tengah) dan Charlotte, yang tewas dalam kecelakaan dengan istri diplomat AS di Inggris (David Mirzoeff/PA via AP)
London - Otoritas Inggris menjeratkan dakwaan pidana terhadap istri seorang diplomat Amerika Serikat (AS) terkait kematian seorang pemuda Inggris dalam kecelakaan pada Agustus lalu. Kasus ini sempat memicu ketegangan diplomatik karena istri diplomat AS itu meninggalkan Inggris usai kecelakaan terjadi.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (21/12/2019), kecelakaan yang menewaskan pemuda Inggris bernama Harry Dunn (19) itu terjadi pada 27 Agustus lalu di dekat RAF Croughton, pangkalan udara di Northamptonshire, Inggris bagian tengah, yang digunakan militer AS sebagai pusat komunikasi.

Kepolisian Inggris menyebut Dunn yang mengendarai sepeda motor ditabrak oleh sebuah SUV merek Volvo yang melaju dari arah berlawanan. SUV itu disebut oleh penyidik Inggris, melaju di sisi jalan yang salah.


Anne Sacoolas, istri dari diplomat AS bernama Jonathan Sacoolas, mengakui pada Oktober lalu bahwa dirinya merupakan pengemudi SUV tersebut. Namun dia mengutip kekebalan diplomatik yang dimilikinya saat menolak untuk kembali ke Inggris untuk menghadapi persidangan. Orangtua Dunn menyerukan agar istri diplomat AS itu kembali ke Inggris untuk menghadapi proses hukum.

Pada Jumat (20/12) waktu setempat, Kejaksaan Inggris menyatakan pihaknya telah memberikan otorisasi kepada Kepolisian Northamptonshire untuk mendakwa Anne secara in-absentia atas dakwaan menyebabkan kematian dengan mengemudi secara berbahaya.

"Proses hukum terhadap Anne Sacoolas sekarang aktif dan... dia memiliki hak untuk mendapatkan persidangan yang adil," ucap ketua jaksa Janine Smith dalam pernyataannya.



Tonton juga video Pemakzulan Trump, Apa Dampak Bagi Indonesia?:


Selanjutnya
Halaman
1 2