Dituduh Tutup-tutupi Pelecehan Seks Para Pastor, Uskup AS Mundur

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 11:16 WIB
Richard Malone (AP Photo/Frank Franklin II)
Richard Malone (AP Photo/Frank Franklin II)
New York - Seorang uskup di Amerika Serikat (AS) mengundurkan diri setelah dituduh berupaya menutup-nutupi tindak pelecehan seksual oleh sejumlah pastor. Pengunduran diri sang uskup ini telah diterima oleh Vatikan.

Seperti dilansir AFP, Kamis (5/12/2019), pihak Vatikan dalam pernyataannya menyebut pihaknya telah menerima pengunduran diri Uskup Richard Malone dari Keuskupan Buffalo di negara bagian New York, pada Rabu (4/12) waktu setempat.

Oleh media-media lokal AS, Malone dituduh menyembunyikan nama-nama pastor yang dituduh melakukan pelecehan seksual dan membiarkan beberapa pastor di antara untuk tetap bertugas.


Tahun lalu, Malone mengakui bahwa dirinya telah 'gagal' dalam menangani berbagai tuduhan pelanggaran, khususnya yang dilakukan para pastor yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap warga dewasa.

Diketahui bahwa wilayah Keuskupan Buffalo dilanda pergolakan sejak Februari 2018, ketika seorang pastor yang sudah pensiun mengaku pernah melakukan tindak pelecehan seksual terhadap anak-anak. Pengakuan ini memicu tuduhan lebih luas di area keuskupan tersebut.

Laporan media lokal Buffalo News menyebut pihak Gereja Katolik di wilayah itu telah membayar kompensasi sebesar US$ 17,5 juta (Rp 242,8 miliar) kepada para korban. Kompensasi diberikan setelah lebih dari 220 gugatan diajukan orang-orang yang mengklaim menjadi korban pelecehan seksual para pastor.
Selanjutnya
Halaman
1 2