Polisi Perbatasan India Tembak Mati 5 Rekannya Lalu Bunuh Diri

Polisi Perbatasan India Tembak Mati 5 Rekannya Lalu Bunuh Diri

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 16:15 WIB
Ilustrasi (AFP)
Ilustrasi (AFP)
New Delhi - Seorang polisi perbatasan di India melepas tembakan ke arah rekan-rekannya sendiri. Tembakan itu menewaskan lima polisi lainnya dan polisi ini lalu menembak dirinya sendiri hingga tewas.

Seperti dilansir AFP, Rabu (4/12/2019), seorang polisi bernama Musudul Rehman ini melepas tembakan ke arah koleganya di Chhattisgarh, area yang sejak lama dilanda pemberontakan sayap kiri. Rehman disebut sebagai anggota Polisi Perbatasan India-Tibet (ITBP) yang sedang ditugaskan di wilayah tersebut.

"Dia (Rehman-red) kemudian menembak dirinya sendiri setelah menembak tujuh personel lainnya," demikian pernyataan pihak ITBP.


Kepolisian setempat memastikan lima polisi yang ditembak Rehman, tewas. Dua polisi lainnya mengalami luka-luka dan diterbangkan ke Raipur untuk menjalani perawatan medis.

Motif dan kronologi detail di balik aksi penembakan dan bunuh diri ini tidak diketahui pasti.

Diketahui bahwa wilayah Chhattisgarh merupakan salah wilayah miskin di India, di mana para pemberontak Maois bertempur melawan tentara India selama bertahun-tahun demi mendapatkan hak tanah dan sumber daya alam lebih besar di wilayah yang kaya akan mineral tersebut.


Puluhan ribu tentara, pemberontak dan warga tewas dalam konflik di wilayah tersebut sejak tahun 1960-an. Pemerintah India mengerahkan puluhan ribu personel kepolisian dan komando khusus ke wilayah tersebut, untuk memberantas kelompok pemberontak di sana.

Halaman

(nvc/ita)