detikNews
2019/11/30 14:58:31 WIB

Unjuk Rasa Terus Berlanjut, PM Irak Nyatakan Akan Mengundurkan Diri

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Unjuk Rasa Terus Berlanjut, PM Irak Nyatakan Akan Mengundurkan Diri Adel Abdul Mahdi (AP Photo/Burhan Ozbilici, File)
Baghdad - Perdana Menteri (PM) Irak, Adel Abdul Mahdi, menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya setelah unjuk rasa antipemerintah berlangsung selama nyaris dua bulan terakhir. Rencana pengunduran diri Abdul Mahdi ini disambut perayaan oleh demonstran antipemerintah di Irak.

Seperti dilansir CNN dan Associated Press, Sabtu (30/11/2019), para demonstran yang ada di Alun-alun Tahrir di ibu kota Baghdad menyalakan kembang api saat merayakan rencana pengunduran diri Abdul Mahdi. Sejumlah demonstran lainnya menyanyi dan menari di bawah kembang api dalam perayaannya.

Alun-alun Tahrir menjadi pusat unjuk rasa dalam menuntut reformasi antikorupsi dan pemilu serta dibubarkannya pemerintahan PM Abdul Mahdi yang dianggap bertanggung jawab atas kesulitan hidup yang dirasakan rakyat Irak saat ini. Demonstran menuduh pemerintah melakukan korupsi secara luas.


Di tengah kegembiraan itu, sejumlah demonstran menyebut rencana pengunduran diri Abdul Mahdi hanya salah satu kemenangan dalam perang yang panjang dan sulit untuk merombak sistem politik yang berlaku di Irak saat ini. "Sistem politik akan menggantinya dengan seseorang yang persis sama. Hingga sistem yang sakit dihancurkan, kami tidak akan pergi," tegas salah satu demonstran bernama Taif (39).

"Kami ingin reformasi pemilu yang sesungguhnya. Kami ingin perubahan yang nyata. Bukan satu pria, seluruh sistem lah yang perlu mengundurkan diri," ucap seorang demonstran lainnya bernama Mortada (21).

Dalam pernyataan pada Jumat (29/11) waktu setempat, Abdul Mahdi menyatakan dirinya akan mengajukan surat pengunduran diri kepada parlemen. "Saya akan menyerahkan kepada parlemen, memorandum pengunduran resmi dari jabatan perdana menteri saat ini agar parlemen bisa meninjau opsi-opsinya, dengan pemahaman bahwa pihak-pihak yang jauh dan dekat menyadari bahwa saya telah memberitahukan keputusan ini," ucap Abdul Mahdi.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com