Korut Klaim Telah Uji Coba Peluncur Roket Super-Besar yang Diawasi Kim Jong-Un

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 12:54 WIB
Foto peluncuran roket yang dirilis KCNA usai Korut dilaporkan menembakkan proyektil (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Foto peluncuran roket yang dirilis KCNA usai Korut dilaporkan menembakkan proyektil (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Pyongyang - Korea Utara (Korut) mengklaim baru saja menguji coba sebuah 'sistem peluncur roket multipel super-besar'. Disebutkan Korut bahwa uji coba itu diawasi langsung oleh pemimpin mereka, Kim Jong-Un.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Jumat (29/11/2019), dalam pernyataan via kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), Korut mengindikasikan bahwa ini akan menjadi yang terakhir dalam rangkaian uji coba sistem peluncur roket.

Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, dua negara tetangga Korut, melaporkan bahwa rezim komunis itu meluncurkan dua proyektil tak teridentifikasi pada Kamis (28/11) waktu setempat. Proyektil itu diluncurkan dari Provinsi Hamgyong Selatan di Korut bagian timur laut menuju ke arah lautan sebelah timur Korut.


KCNA mengonfirmasi bahwa uji coba peluncur roket itu dilakukan dengan kehadiran Kim Jong-Un dan sejumlah pejabat tinggi Korut lainnya.

"Uji tembak itu bertujuan untuk memeriksa penerapan tempur dari sistem peluncur roket multipel super-besar dan membuktikan keunggulan militer dan teknis dari sistem persenjataan itu dan kehandalannya yang kuat," sebut KCNA dalam artikelnya.

Disebutkan juga oleh KCNA bahwa Kim Jong-Un menyampaikan 'kepuasan luar biasa' untuk hasil uji coba itu.

Kim Jong-Un memakai trenchcoat saat mengawasi uji coba peluncur roket super-besar KorutKim Jong-Un memakai trenchcoat saat mengawasi uji coba peluncur roket super-besar Korut Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP

Selanjutnya
Halaman
1 2