128 Pemberontak Houthi Dibebaskan Arab Saudi dan Diterbangkan ke Yaman

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 10:53 WIB
Tahanan Houthi berkumpul ke dalam bus usai mendarat di bandara Sanaa, Yaman (AP Photo/Hani Mohammed)
Tahanan Houthi berkumpul ke dalam bus usai mendarat di bandara Sanaa, Yaman (AP Photo/Hani Mohammed)
Sanaa - Sekitar 128 pemberontak Houthi yang ditahan di Arab Saudi dibebaskan dan diterbangkan ke Sanaa, Yaman. Pembebasan tahanan Houthi oleh Saudi ini merupakan bagian dari upaya mengakhiri konflik yang berlangsung selama 5 tahun terakhir.

Seperti dilansir AFP, Jumat (29/11/2019), seorang koresponden AFP melihat para tahanan itu tiba di Sanaa dengan tiga pesawat milik Komisi Palang Merah Internasional (ICRC) pada Kamis (28/11) waktu setempat. Mereka ditemui oleh komandan pemberontak Houthi dan sejumlah anggota keluarga mereka.


Beberapa tahanan dibantu turun dari pesawat untuk kemudian didudukkan ke kursi roda, sementara beberapa tahanan lainnya mengangkat jubah putih mereka untuk menunjukkan luka-luka yang dideritanya kepada seorang fotografer AFP.

"Perawatan yang kami dapatkan (di Arab Saudi) sangat buruk," sebut salah tahanan bernama Abdel Raqib (35) kepada AFP.

Raqib mengharapkan perdamaian, tapi dia menambahkan jika 'agresi Saudi' berlanjut maka perang harus terus berlanjut 'hingga mencapai kemenangan'.

Ibunda dari seorang mantan tahanan menuturkan kepada AFP: "Perasaan saya tidak bisa digambarkan. Semoga Tuhan mengembalikan semua yang terluka dan para tahanan kepada ibu-ibu mereka dan keluarga mereka."

Tahanan Houthi yang baru dibebaskan menunggu keluarga mereka tiba di bandara Sanaa, YamanTahanan Houthi yang baru dibebaskan menunggu keluarga mereka tiba di bandara Sanaa, Yaman Foto: AP Photo/Hani Mohammed

Selanjutnya
Halaman
1 2