Korea Utara Kembali Luncurkan 2 Proyektil Tak Teridentifikasi

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 17:52 WIB
Ilustrasi (AFP)
Ilustrasi (AFP)
Seoul - Dua proyektil tak teridentifikasi ditembakkan oleh Korea Utara (Korut) pada Kamis (28/11) waktu setempat. Aktivitas balistik terbaru Korut itu dilaporkan oleh dua negara tetangganya, Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Seperti dilansir Associated Press dan Channel News Asia, Kamis (28/11/2019), peluncuran proyektil ini dilakukan Korut tiga hari setelah menyatakan tentaranya melakukan latihan tembak artileri di dekat perbatasan laut yang menjadi sengketa dengan Korsel.

Diduga kuat, aktivitas Korut ini dimaksudkan untuk menekan Amerika Serikat (AS) agar memberi kelonggaran terhadap diplomasi nuklir yang buntu.


Kantor Staf Gabungan Korsel dalam pernyataannya melaporkan ada dua proyektil yang diluncurkan dari wilayah Provinsi Hamgyong Selatan di Korut bagian timur laut pada Kamis (28/11) sore waktu setempat. Proyektil-proyektil tak teridentifikasi itu ditembakkan ke arah lautan sebelah timur Korut.

Aktivitas peluncuran proyektil ini merupakan yang pertama sejak 31 Oktober lalu, saat Korut menembakkan dua rudal balistik ke perairan antara Semenanjung Korea dan Jepang.

Ditambahkan Kantor Staf Gabungan Korsel dalam pernyataannya, pihaknya terus memantau kemungkinan aktivitas peluncuran tambahan dari Korut. Tidak disebutkan lebih lanjut soal dugaan jenis proyektil yang baru saja diluncurkan Korut ini.
Selanjutnya
Halaman
1 2