Spanyol Sita Kapal Selam Bawa 3 Ribu Kg Kokain

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 19:07 WIB
Ilustrasi -- Momen saat otoritas AS membongkar jaringan pengedar narkoba yang menggunakan kapal selam (US Coast Guard District via CNN)

Para pengedar narkoba kedapatan menggunakan kapal selam untuk mengangkut kokain ke wilayah Amerika Serikat (AS). Dua kasus terungkap tahun ini, yakni satu kasus pada Juni dan satu kasus lainnya pada September.

Letnan Komandan Stephen Brickey dari Patroli Pantai Spanyol menuturkan kepada CNN bahwa awal tahun ini, kartel narkoba Amerika Tengah dan Amerika Selatan telah meningkatkan aktivitas pengedaran narkoba ke AS dengan menggunakan kapal selam semi-submersible.


Disebutkan bahwa kapal selam semi-submersible yang bisa berlayar seperti kapal biasa, membutuhkan banyak biaya perakitan dan harus dirakit di area-area terpencil untuk menghindari terdeteksi aparat. Begitu dioperasikan di lautan, kapal selam jenis ini sulit untuk terdeteksi tanpa adanya informasi intelijen atau pesawat yang mendeteksinya dari udara.

"Kapal selam semi-submersible melebur. Sebagian besar kapal ada di bawah laut, jadi sulit untuk diketahui," sebut Brickey.

Halaman

(nvc/hri)