detikNews
2019/11/25 16:16:13 WIB

Seorang Wanita Anggota ISIS dan 3 Anaknya Dipulangkan ke Jerman

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Seorang Wanita Anggota ISIS dan 3 Anaknya Dipulangkan ke Jerman Foto: DW (News)
Berlin - Seorang wanita yang diyakini sebagai anggota Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pulang ke negara asalnya di Jerman, bersama tiga anaknya. Wanita ini menjadi anggota ISIS wanita dewasa pertama yang pulang melalui saluran resmi dari Suriah ke Jerman.

Seperti dilansir AFP, Senin (25/11/2019), wanita yang disebut bernama Laura H yang berusia 30 tahun dan berasal dari Hesse, Jerman ini, tiba di bandara Frankfurt pada Sabtu (23/11) malam waktu setempat. Dia diterbangkan pulang dari Erbil, Irak, setelah bergabung menjadi anggota ISIS di Suriah.

Kepulangan Laura ke Jerman ini dikonfirmasi Kepolisian Jerman pada Minggu (24/11) waktu setempat.


Laura tidak langsung ditangkap begitu tiba di Frankfurt. Namun laporan media terkemuka, Der Spiegel, yang mengutip sejumlah sumber keamanan menyebut Laura tengah diselidiki atas dugaan menjadi anggota organisasi teroris asing serta gagal mengasuh anak-anaknya secara layak.

Paspor Laura disita oleh otoritas setempat dan dia dilarang untuk meninggalkan Jerman. Ketiga anak Laura, sebut Der Spiegel, diserahkan kepada seorang kerabat dekatnya.

Menurut Der Spiegel, Laura bepergian dari Giessen, Jerman bagian tengah ke Suriah tahun 2016 lalu. Saat itu dia pergi bersama suami dan anak-anaknya. Di Suriah, Laura dan suaminya diketahui bergabung ISIS. Suami Laura diketahui merupakan seorang warga negara Amerika Serikat (AS) kelahiran Somalia.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com