detikNews
Jumat 22 November 2019, 03:00 WIB

Usai Turki Serang Kelompok Kurdi, Warga Suriah Mulai Pulang ke Rumah

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Usai Turki Serang Kelompok Kurdi, Warga Suriah Mulai Pulang ke Rumah Pengungsi Suriah. Foto: DW (News)
Damaskus - Kementerian pertahanan Turki mengatakan 200 warga Suriah telah kembali ke rumah mereka setelah serangan militer terhadap gerilyawan Kurdi. 300 orang lainnya juga dalam proses pemulangan.

"Hampir 200 saudara Suriah kami yang melarikan diri (militan Kurdi) PKK/YPG telah secara sukarela dan aman kembali ke rumah dan tanah mereka," kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan seperti dilansir AFP, Kamis (21/11/2019).

Turki meluncurkan Operation Peace Spring pada bulan Oktober lalu, yang bertujuan mengusir milisi Kurdi keluar dari wilayah timur sungai Eufrat dan menciptakan zona pemulangan untuk para pengungsi.



Kementerian Pertahanan setempat mengatakan keluarga-keluarga itu berlindung di Jarablus, Suriah, sebuah kota di sebelah barat Eufrat yang berada di bawah kendali Turki selama operasi sejak 2016.

"Diharapkan dengan dibangunnya kembali perdamaian dan keamanan di wilayah operasi Spring Peace, pemulangan akan berlanjut," kata kementerian dalam pernyataan itu.

"Dalam kerangka itu, 70 keluarga yang terdiri dari 295 orang telah melakukan perjalanan dari Jarablus untuk kembali ke daerah Tal Abyad," imbuhnya.




Tonton juga video Tiga Bom Mobil Meledak di Suriah, 6 Orang Tewas:

[Gambas:Video 20detik]




(abw/zap)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com