detikNews
2019/11/18 18:04:39 WIB

China Sempat Kerahkan Tentaranya di Jalanan Hong Kong, Ini Alasannya

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
China Sempat Kerahkan Tentaranya di Jalanan Hong Kong, Ini Alasannya Tentara China berjaga di dalam garnisun mereka di Hong Kong, yang letaknya dekat dengan kampus Universitas Politeknik Hong Kong yang menjadi pusat bentrokan (AP Photo/Ng Han Guan)
Beijing - Militer China memberikan penjelasan soal pengerahan singkat tentara-tentara mereka ke jalanan Hong Kong, pada akhir pekan. Selama ini, tentara-tentara China yang ditugaskan di wilayah Hong Kong diketahui sangat jarang keluar dari barak mereka.

Seperti dilansir AFP, Senin (18/11/2019), puluhan tentara China keluar dari barak-barak mereka di Hong Kong pada Sabtu (16/11) waktu setempat, untuk membantu pembersihan di ruas jalanan sekitar barak mereka, usai bentrokan sengit antara demonstran antipemerintah dan polisi setempat.

Tentara-tentara China itu memunguti puing-puing dan dan memindahkan barikade yang dipasang demonstran di sekitar garnisun mereka di Hong Kong.

"Ada sejumlah warga Hong Kong yang membersihkan puing di dekat garnisun PLA Hong Kong," sebut juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian, merujuk pada nama resmi militer China, Tentara Pembebasan Rakyat. Penjelasan ini disampaikan Wu saat ditanya soal pengerahan singkat tentara China dalam sebuah acara keamanan di Bangkok, Thailand.


"Tentara-tentara dari garnisun PLA Hong Kong bergabung dengan warga dalam membersihkan puing dan upaya mereka disambut baik oleh warga Hong Kong," imbuhnya.

Diketahui bahwa militer China memiliki sebuah garnisun di Hong Kong sejak Inggris mengembalikan Hong Kong ke China tahun 1997 lalu. Namun diketahui bahwa tentara China yang ditugaskan di garnisun Hong Kong jarang meninggalkan barak mereka. Terakhir kalinya tentara China terlihat di jalanan Hong Kong tahun 2018 saat membantu aktivitas pembersihan usai badai dahsyat.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com