Israel Kembali Gempur Jihad Islam di Gaza Usai Diserang Roket

Israel Kembali Gempur Jihad Islam di Gaza Usai Diserang Roket

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 11:11 WIB
Seorang pemuda Palestina berdiri di tengah kawah yang terbentuk akibat gempuran udara Israel di Gaza (AP Photo/Adel Hana)
Seorang pemuda Palestina berdiri di tengah kawah yang terbentuk akibat gempuran udara Israel di Gaza (AP Photo/Adel Hana)
Gaza City - Israel kembali melancarkan serangan udara yang menargetkan militan Jihad Islam di Gaza pada Jumat (15/11) waktu setempat, setelah kesepakatan gencatan senjata tercapai. Serangan udara Israel disebut merespons rentetan roket yang ditembakkan dari Gaza ke Israel juga setelah gencatan senjata disepakati.

Seperti dilansir AFP, Jumat (15/11/2019), gencatan senjata yang disepakati antara Israel dan militan Islam Jihad mulai berlaku pada Kamis (14/11) pagi waktu setempat, usai pertempuran sengit berlangsung sejak Selasa (12/11) lalu yang dipicu gempuran udara Israel yang menewaskan komandan senior Jihad Islam.


Dalam pernyataan kepada wartawan, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan bahwa serangan udara berlangsung semalam terhadap posisi militan Jihad Islam di Gaza. Jihad Islam merupakan kelompok militan Palestina di Gaza yang berpengaruh setelah Hamas.

"IDF saat ini sedang menggempur target teror Jihad Islam di Jalur Gaza," sebut IDF dalam pernyataannya.

Menurut militer Israel, serangan udara terbaru terhadap target Jihad Islam itu dilancarkan setelah lima roket ditembakkan ke wilayah Israel, dari wilayah Gaza pada Kamis (14/11) malam waktu setempat. Lima roket itu ditembakkan setelah kesepakatan gencatan senjata tercapai dengan Mesir sebagai mediator. Diklaim bahwa dua roket di antaranya berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Israel.

"IDF memandang adanya pelanggaran terhadap gencatan senjata dan roket-roket ditembakkan ke Israel dengan sangat parah," demikian pernyataan IDF.

Sebuah ledakan yang dipicu serangan udara Israel terlihat di wilayah Gaza pada 14 NovemberSebuah ledakan yang dipicu serangan udara Israel terlihat di wilayah Gaza pada 14 November Foto: AP Photo/Adel Hana

Selanjutnya
Halaman
1 2 3