detikNews
2019/11/13 11:09:34 WIB

Hong Kong Bersiap Hadapi Lebih Banyak Bentrokan dalam Aksi Demo

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hong Kong Bersiap Hadapi Lebih Banyak Bentrokan dalam Aksi Demo Demonstran berlindung di balik payung saat berhadapan dengan polisi Hong Kong pada 12 November (Ring Yu/HK01 via AP)
Hong Kong - Hong Kong bersiap menghadapi lebih banyak bentrokan saat aksi demonstran antipemerintah untuk melumpuhkan Hong Kong memasuki hari ketiga. Layanan transportasi dihentikan, aktivitas sekolah diliburkan dan banyak pusat bisnis tutup sementara dengan maraknya kekerasan dalam unjuk rasa.

Seperti dilansir Reuters dan The Star, Rabu (13/11/2019), demonstran dan polisi Hong Kong kembali bentrok di sejumlah kampus setempat dan beberapa lokasi lainnya pada Selasa (12/11) malam waktu setempat. Beberapa jam sebelum bentrokan pecah, Inspektur Senior Kwong Wing-cheung dari Kepolisian Hong Kong menyebut kota semi-otonomi itu ada di 'ambang gangguan total'.


Polisi menembakkan gas air mata dalam bentrokan, dengan sejumlah aktivis membakar sebuah kendaraan, melemparkan bom molotov ke kantor polisi setempat dan ke kereta bawah tanah serta merusak pusat perbelanjaan setempat.

Ratusan orang harus mengantre panjang di stasiun-stasiun kereta bawah tanah pada Rabu (13/11) pagi waktu setempat, dengan sejumlah layanan ditangguhkan dan ruas jalanan ditutup. Polisi antihuru-hara dikerahkan ke stasiun-stasiun, sementara demonstran memasang barikade di beberapa ruas jalanan utama.

Demonstran Hong Kong terus melanjutkan aksinya dengan menuntut diakhirinya hal yang mereka pandang sebagai upaya campur tangan China dalam urusan internal Hong Kong, juga menuntut hak pilih universal dan penyelidikan independen terhadap dugaan kebrutalan polisi terhadap demonstran.

Seorang demonstran Hong Kong memegang bom molotov saat bentrokan dekat kampus setempatSeorang demonstran Hong Kong memegang bom molotov saat bentrokan dekat kampus setempat Foto: AP Photo/Kin Cheung


Cekcok dengan Demonstran Hong Kong, Seorang Pria Dibakar:




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com