detikNews
2019/11/08 17:56:57 WIB

Kabur, Tersangka Narkoba Tembak Kepalanya Sendiri Saat Akan Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kabur, Tersangka Narkoba Tembak Kepalanya Sendiri Saat Akan Ditangkap Polisi Thailand memburu tersangka narkoba asal AS ini selama tiga hari sebelum menemukan persembunyiannya (Royal Thai Police via CNN)
Bangkok - Seorang tersangka narkoba asal Amerika Serikat (AS) yang kabur dari pengadilan di Thailand, nekat menembak kepalanya saat hendak ditangkap polisi. Kini pria AS itu dalam kondisi koma di rumah sakit setempat.

Seperti dilansir CNN, Jumat (8/11/2019), tersangka kasus narkoba asal AS bernama Bart Allen Helmus (39) itu kabur dari pengadilan bersama kekasihnya, Sirinapa Wisetrit (30), yang warga Thailand pada Senin (4/11) lalu. Keduanya didakwa menyelundupkan methamphetamine (sabu) seberat 1 kilogram. Untuk dakwaan itu, keduanya terancam hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Pasangan kekasih itu berhasil kabur dari sebuah pengadilan di Pattaya dengan menggunakan sebilah pisau dan sebuah pistol yang diberikan oleh seorang pria Thailand, yang ada di pengadilan itu untuk kasus narkoba terpisah. Pria Thailand itu disebut bernama Ton Ninthet (40).


Kepala Kepolisian Nasional Thailand, Chakthip Chaijinda, menyebut Helmus menikam seorang petugas keamanan pengadilan saat kabur. Si petugas mengalami luka serius dan kini tengah dirawat di rumah sakit setempat.

Helmus, kekasihnya dan Ninthet kemudian kabur dari pengadilan dengan sebuah mobil. Helmus dan kekasihnya disebut berencana kabur hingga ke Kamboja, yang berjarak 200 kilometer dari lokasi mereka.

Kepolisian Thailand melakukan perburuan besar-besaran selama tiga hari dan merilis surat perintah penangkapan untuk ketiga tersangka narkoba itu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com