Kongres AS Tuding CEO Boeing Tutupi Fakta Permasalahan 737 MAX

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 05:37 WIB
CEO Boeing Dennis Muilenburg (Foto: MANDEL NGAN / AFP)

Anggota keluarga, memegang foto-foto korban kecelakaan, duduk hanya tiga baris di belakang Muilenburg selama kesaksiannya. Justin Green, ketua bersama komite penggugat Ethiopian Airlines, mengomentari kesaksian Muilenburg tersebut.

"Mr Muilenburg telah meminta maaf dalam kesaksiannya, tetapi lebih penting bagi klien saya bahwa Boeing melakukan hal yang benar daripada mengatakan hal yang benar. Dia mencatat Boeing menyangkal bertanggung jawab atas ganti rugi," ujar Green.
Penyelidik Indonesia telah melaporkan Boeing bertindak tanpa pengawasan yang memadai dari regulator AS dan gagal memahami risiko dalam desain perangkat lunak kokpit pada 737 MAX, menjadi pemicu kecelakaan Lion Air JT 610 pada 29 Oktober 2018.

Muilenburg membantah pernyataan awal Boeing tentang temuan investigasi dari kecelakaan Lion Air yang berusaha mengalihkan kesalahan ke pilot. Muilenburg juga menolak karakterisasi kesenangan Boeing dengan FAA, meskipun dia mengatakan proses sertifikasi dapat ditingkatkan.

Muilenburg kemudian ditanya mengapa Boeing tidak melarang terbang pesawat MAX setelah Lion Air jatuh. "Jika kita bisa kembali, kita akan membuat keputusan yang berbeda," kata Muilenburg.
Halaman

(haf/haf)