Kongres AS Tuding CEO Boeing Tutupi Fakta Permasalahan 737 MAX

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 05:37 WIB
CEO Boeing Dennis Muilenburg (Foto: MANDEL NGAN / AFP)

Senator Jon Tester mencatat Boeing telah mendapat persetujuan dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk menghindari keharusan menambahkan peringatan awak baru karena dinilai mahal.

"Itu tidak akan terjadi jika FAA akan melakukan pekerjaan mereka dan itu juga tidak akan terjadi jika Anda tahu apa yang sedang terjadi," katanya.

Tester, yang merupakan senator Montana, mengatakan perubahan skala besar diperlukan.

"Saya akan berjalan sebelum saya mendapatkan 737 MAX. Saya akan berjalan. Tidak mungkin ... Anda seharusnya tidak memotong sudut dan saya melihat sudut dipotong," ucapnya
Para senator itu bergantian mencecar Muilenburg selama kehadiran pertamanya di sidang di Capitol Hill sejak kecelakaan pertama di Indonesia. Para senator menyebut Boeing tak sepenuhnya jujur dan menyatakan kecewa bahwa pesan instan 2016 tidak segera menimbulkan reaksi langsung dari perusahaan.

Senator Ted Cruz mengatakan dia tidak bisa mengerti mengapa pesan-pesan itu tidak segera ditanggapi oleh manajemen senior Boeing. Dia mengatakan pertukaran tentang masalah-masalah itu menggambarkan apa yang terjadi di Lion Air dan Ethiopian Airlines.

Dia mempertanyakan mengapa Muilenburg tidak membaca pesan sebelumnya.

"Bagaimana tim Anda tidak meletakkan di depan Anda, berlari dengan rambut mereka terbakar mengatakan 'kita punya masalah nyata di sini'?" kata Cruz, bertanya mengapa pesan tidak meminta "api sembilan alarm."

Selama berbulan-bulan, Boeing sebagian besar gagal mengakui kesalahan, alih-alih bersumpah untuk membuat pesawat yang aman lebih aman. Dengar pendapat hari Selasa merupakan penerimaan tanggung jawab Boeing yang paling luas yang membuat kesalahan, tetapi Muilenburg menghentikan apa yang telah dicari oleh beberapa anggota parlemen dan anggota keluarga.