detikNews
Selasa 29 Oktober 2019, 16:23 WIB

Semarak Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Italia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Semarak Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Italia Foto: KBRI Roma
Roma - KBRI Roma di Italia menyelenggarakan acara Resepsi Diplomatik dan pertunjukan seni budaya Indonesia bertempat di gedung Teatro Argentina, Roma pada Senin (28/10) waktu setempat. Acara ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI dan 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Italia.

Hadir lebih dari 600 orang tamu undangan yang terdiri dari para pejabat Italia, korps diplomatik, pengusaha dan tokoh terkemuka setempat, akademisi, dan masyarakat Indonesia. Mereka dengan antusias mengikuti rangkaian acara resepsi maupun pertunjukan di gedung teater bersejarah nan megah bergaya klasik yang dibangun tahun 1732 ini.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani membuka acara dengan memberikan kejutan kepada para hadirin dengan menari 'Golek Putri' bersama maestro tari Indonesia, Dr. Nungki Kusumastuti. Tari klasik dari Yogyakarta ini mengisahkan putri keraton yang bersolek untuk mempersiapkan diri menjelang momen yang spesial.

Duta Besar Esti Andayani dalam sambutannya menyampaikan bahwa 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI - Italia merupakan momentum istimewa untuk dirayakan sekaligus memperkuat kerja sama di berbagai bidang di masa depan. "Masih luas terbuka peluang untuk kerja sama kedua negara di bidang ekonomi dan perdagangan, juga pembangunan berkelanjutan, energi, maritim, infrastruktur hingga ekonomi kreatif, dialog antar-keyakinan dan seni budaya," kata Dubes Esti seperti disampaikan dalam rilis pers KBRI Roma, Selasa (29/10/2019).

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Italia, Manlio di Stefano dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah dan masyarakat Indonesia serta harapan untuk peningkatan kerja sama kedua negara dalam berbagai bidang.

Dalam pertunjukan berdurasi sekitar 75 menit ini ditampilkan tari 'Lenggang Kipas' dari Jakarta, tari 'Pangkur Sagu' dari Papua, tari 'Naikonos Larik' dari NTT, tari 'Mitreka Bawana' dari Sulawesi Tenggara dan pertunjukan musik oleh trio Ifan Hardiknas Pah (sasando), Mia Ismi (violin, vokal) dan Kiel Dharmawel (gendang melayu). Para penari dan musisi tersebut bergabung dalam grup seni Artina dari Jakarta, pimpinan Haryati Abelam dengan Nungki Kusumastuti selaku direktur artistik.

Tari 'Naikonos Larik' dari NTT (Foto: KBRI Roma)

Para warga Italia juga ikut memeriahkan suasana dengan penampilan gamelan bali grup Puspa Sari 2.0 binaan KBRI Roma, yang dipimpin Prof. Giovanni Giuriati dan grup pencak silat Garuda Academy Roma, pimpinan Simone Mondello. Pertunjukan dipandu oleh duet MC diaspora Indonesia Sean Silla dan Pinkan Mulia.

Para penonton kagum menyaksikan pertunjukan yang dikemas apik dalam konsep East meets West (pertemuan budaya timur dan barat) ini. Kejutan kembali hadir di penghujung acara, saat Duta Besar Esti Andayani berdansa dengan Alessio Specolizzi dengan irama waltz, rhumba dan salsa. Para penonton pun ikut bergoyang saat tarian Mitreka Bawana kembali dibawakan secara interaktif bersama seluruh pengisi acara sebagai acara penutup.

Resepsi diplomatik menyajikan kuliner Italia maupun kue dan jajanan pasar khas Indonesia diantaranya lumpia, bakwan, panada, martabak telur, bika ambon, onde-onde dan lapis legit. Hadirin juga menikmati sajian buah-buahan tropis nan eksotis seperti mangga arummanis, mangga gedong gincu, mangga alpukat, nanas, dan manggis yang didatangkan langsung dari Indonesia, atas kerja sama KBRI Roma dengan Kementerian Pertanian, PT DKS dan San Fresh. Resepsi mempromosikan produk kopi single origin Indonesia, "Supresso" yang diproduksi oleh Indraco Group, penghasil kopi berkualitas tinggi sejak 1971. Hal ini juga merupakan salah satu upaya mempromosikan produk-produk Indonesia yang bernilai tinggi pada pasar Italia.


Simak juga video "Dalam Keterbatasan Tekad Dmitri Taklukan Kolam Terdalam di Dunia" :

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com