Round-Up

Kode Kematian Pemimpin ISIS dalam Cuitan Trump

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Okt 2019 19:14 WIB
Foto: Abu Bakar Al-Baghdadi (Islamic State Group/Al Furqan Media Network/Reuters TV via REUTERS/File Photo)
Foto: Abu Bakar Al-Baghdadi (Islamic State Group/Al Furqan Media Network/Reuters TV via REUTERS/File Photo)

Trump juga sedang menghadapi kritik pedas dari Partai Republik dan Demokrat atas penarikan pasukan AS dari Suriah timur laut, yang memungkinkan Turki untuk menyerang sekutu Kurdi Amerika.

Sementara itu, Newsweek mengutip seorang pejabat Angkatan Darat AS yang memberi pengarahan tentang hasil operasi itu. Sang pejabat mengatakan al-Baghdadi terbunuh dalam serangan itu.


Dikatakan operasi itu terjadi di provinsi Idlib barat laut Suriah, dan dilakukan oleh pasukan operasi khusus setelah menerima intelijen yang bisa ditindaklanjuti.

Kabar kematian ini al-Baghdadi ini juga dikonfirmasi oleh Pemerintahan Irak dan Iran. Kedua negara diberitahu oleh sumber-sumbernya di Suriah.

"Sumber kami dari dalam Suriah telah mengkonfirmasi kepada tim intelijen Irak yang ditugaskan untuk mengejar Baghdadi bahwa ia telah terbunuh bersama pengawal pribadinya di Idlib setelah tempat persembunyiannya ditemukan ketika ia berusaha membawa keluarganya keluar dari Idlib menuju perbatasan Turki," kata salah satu sumber,seperti yang dikutip Reuters.

Televisi pemerintah Irak menayangkan cuplikan serangan operasi militer yang menewaskan al-Baghdadi. Cuplikan itu disiarkan pada hari Minggu.


Cuplikan rekaman itu menunjukkan kawah di tanah dan apa yang tampak setelah serangan. Ada pakaian robek dengan noda darah di tanah. Tayangan itu juga menunjukkan rekaman ledakan malam hari.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3