detikNews
2019/10/27 10:39:24 WIB

Aksi Protes Kian Bergejolak, Presiden Chile Merombak Kabinetnya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Aksi Protes Kian Bergejolak, Presiden Chile Merombak Kabinetnya Foto: Satu juta warga Chile turun ke jalan (AP Photo/Esteban Felix)
Jakarta - Presiden Chile Sebastian Pinera mengumumkan perombakan besar-besaran kabinetnya. Keputusan ini merupakan respons atas aksi demonstrasi besar-besaran yang belakangan melanda Chile.

Seperti dilansir dari Reuters Sabtu (26/10/2019), Sebastian Pinera mengumumkan keputusan perombakan besar kabinetnya ini pada hari Sabtu waktu setempat. Dia memasukan keputusannya ini sebagai bagian dari agenda reformasi dan untuk menjinakkan aksi protes.

"Saya telah memberitahu semua menteri saya untuk mundur dalam rangka perombakan kabinet. Keputusan ini semata-mata untuk menghadapi tuntutan baru," kata Pinera kepada wartawan di istana presiden La Moneda.


Pengumuman ini ialah respon atas unjuk rasa damai yang terjadi pada Jumat (25/10) malam lalu. Ada sekitar satu juta warga Chile membanjiri jalan-jalan untuk menyerukan reformasi model sosial dan ekonomi negara Amerika Selatan itu.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com