Penyelundupan Rokok Ilegal, 3 Orang Termasuk 1 WNI Ditangkap di Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 26 Okt 2019 10:29 WIB
Ilustrasi (Thinkstock)
Kuala Lumpur - Kepolisian Malaysia menyita rokok ilegal senilai lebih dari 3,5 juta Ringgit (Rp 11,6 miliar) dan menangkap tiga warga negara asing (WNA) terkait sindikat penyelundup rokok ilegal. Salah satu yang ditangkap merupakan seorang warga negara Indonesia (WNI).

Seperti dilansir media lokal The Star, Sabtu (26/10/2019), penyitaan dan penangkapan itu dilakukan dalam operasi yang dilakukan oleh Pasukan Operasi Khusus (PGK) pada Kamis (24/10) waktu setempat. Operasi didasarkan atas informasi publik dan fokus pada sindikat penyelundup di Sungai Buloh, Selangor.

"Tiga pria ditangkap," sebut Direktur Departemen Keamanan Internal dan Ketertiban Umum pada Kepolisian Diraja Malaysia, Komisaris Acryl Sani Abdullah Sani, dalam pernyataannya pada Jumat (25/10) waktu setempat.


"Dua orang diketahui berkewarganegaraan China dan orang ketiga adalah seorang warga negara Indonesia," tutur Acryl Sani.

"Para tersangka, yang berusia 21-45 tahun, telah ditahan untuk penyelidikan lebih lanjut," imbuhnya.

Identitas ketiga tersangka yang ditangkap tidak disebut lebih lanjut. Hanya disebutkan bahwa ketiganya akan ditahan hingga 28 Oktober.


Dalam operasi tersebut, kepolisian menyita sekitar 21.650 karton rokok, yang jika dihitung termasuk pajaknya, bernilai sekitar 3,6 juta Ringgit. Empat truk juga disita dalam operasi tersebut.




Tonton juga video Benarkah Menggunakan Vape Bisa Jadi Depresi?:

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/fdn)