8 Imigran Ilegal Asal Indonesia Ditangkap Saat Hendak Tinggalkan Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 18:19 WIB
Ilustrasi (Thinkstock)
Kuala Lumpur - Otoritas Malaysia menangkap sedikitnya delapan warga negara Indonesia (WNI) yang hendak meninggalkan wilayah negara itu secara ilegal. Delapan WNI itu ditangkap dalam operasi menggagalkan upaya imigran ilegal untuk keluar dari Malaysia.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Kamis (24/10/2019), para imigran ilegal itu kedapatan menggunakan kapal saat hendak meninggalkan wilayah Malaysia melalui jalur yang belum dipetakan di perairan Tanjung Belungkor, Kota Tinggi, Johor.


Direktur Bea Cukai Johor, Mohammad Hamiddan Maryani, menyebut delapan pria asal Indonesia, termasuk seorang operator kapal atau boat skipper, ditangkap dalam operasi pada 16 Oktober lalu. Kabar soal penangkapan ini baru diungkapkan pekan ini.

"Para tersangka berusia antara 20-53 tahun dan ditahan selama 14 hari mulai 17 Oktober hingga 30 Oktober mendatang," sebut Hamiddan dalam konferensi pers pada Kamis (24/10) waktu setempat.


Identitas para WNI yang ditangkap tidak diungkap ke publik.

"Operator kapal dan para penumpangnya akan diselidiki berdasarkan pasal 26J Undang-undang (UU) Anti-Perdagangan Manusia dan Anti-Penyelundupan Imigran Tahun 2007 (Atipsom)," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2