detikNews
2019/10/23 12:04:00 WIB

157 Orang Tewas Selama Sepekan Aksi Demo Antipemerintah di Irak

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
157 Orang Tewas Selama Sepekan Aksi Demo Antipemerintah di Irak personel keamanan Irak (Foto: Reuters/Azad Lashkari)
Baghdad - Jumlah korban jiwa selama sepekan aksi-aksi demo antipemerintah di Baghdad dan Irak selatan telah bertambah menjadi 157 orang.

Demikian menurut hasil penyelidikan resmi yang dilakukan Misi Bantuan PBB untuk Irak atau United Nations Assistance Mission for Iraq (UNAMI), yang diumumkan menjelang aksi-aksi demo yang rencananya akan kembali digelar pada Jumat (25/10) mendatang. Juga disebutkan bahwa sejumlah komandan pasukan keamanan telah dipecat menyusul terjadinya kekerasan, termasuk dari militer, polisi, antiteror, antihuru-hara, antikejahatan, intelijen dan unit-unit keamanan nasional.

Dalam laporannya, misi PBB tersebut menyatakan bahwa "pelanggaran HAM serius dan penyalahgunaan telah dilakukan" dan kekerasan yang berlebihan telah digunakan terhadap para demonstran.


"Serangan-serangan terhadap outlet-outlet media dan blokir internet/media sosial tampaknya telah digunakan sebagai alat untuk menghalangi partisipasi dalam demonstrasi serta untuk menekan pelaporan dan aktivisme," kata misi PBB tersebut seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (23/10/2019).

UNAMI pun menyerukan "langkah-langkah konkret untuk mencegah kekerasan dan memungkinkan demonstrasi damai di masa mendatang" dan menekankan pentingnya meminta pertanggungjawaban para pelaku kekerasan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com