detikNews
2019/10/23 11:08:26 WIB

Pemerintah China Berencana Copot Pemimpin Hong Kong Carrie Lam

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemerintah China Berencana Copot Pemimpin Hong Kong Carrie Lam Pemimpin Hong Kong Carrie Lam (Foto: Reuters)
Beijing - Pemerintah China dilaporkan tengah menyusun rencana untuk mencopot pemimpin Hong Kong Carrie Lam dari jabatannya. Rencana ini muncul setelah nyaris lima bulan ini aksi-aksi demo marak di kota semiotonomi tersebut.

Lam yang pro-Beijing tersebut telah mendapat banyak kritikan dari para demonstran di Hong Kong. Sejauh ini pemerintah pusat di Beijing memberikan dukungan pada Lam dan kepolisian Hong Kong dalam menghadapi para demonstran. Beijing menyebut para demonstran sebagai perusuh dan mengecam kekerasan yang dilakukan para demonstran.

Namun menurut laporan surat kabar Financial Times (FT) yang mengutip pejabat-pejabat yang diberitahu soal rencana tersebut, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (23/10/2019), pemerintah China saat ini tengah menyusun rencana untuk mengganti Lam dengan pemimpin interim.


Namun sumber-sumber tersebut mengatakan kepada Financial Times, rencana penggantian itu akan bergantung pada stabilnya situasi di Hong Kong, sehingga Beijing tidak dipandang menyerah pada kekerasan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com