detikNews
2019/10/21 18:08:19 WIB

Trump Bilang Tentara AS Akan Ditarik dari Suriah, Ternyata Digeser ke Irak

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Trump Bilang Tentara AS Akan Ditarik dari Suriah, Ternyata Digeser ke Irak Konvoi tentara AS di kota Tel Tamr, Suriah bagian utara (AP Photo/Baderkhan Ahmad)
Washington DC - Tentara-tentara Amerika Serikat (AS) yang sebelumnya ditugaskan menjaga Suriah bagian utara, terpantau bergerak ke wilayah Irak melalui perbatasan. Pergerakan ini sedikit berbeda dengan pernyataan Presiden AS Donald Trump beberapa waktu lalu, yang akan memulangkan tentara-tentara AS di Suriah.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (21/10/2019), Kepala Pentagon atau Menteri Pertahanan AS, Mark Esper, menyebut tentara-tentara AS tidak akan ditarik pulang dan masih akan melanjutkan operasi melawan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di wilayah Irak.

Disebutkan Esper bahwa pertempuran melawan ISIS di Suriah, yang sebelumnya dipelopori oleh pasukan milisi Kurdi, sekutu AS yang telah disingkirkan Trump, akan diambil alih oleh pasukan militer AS yang kemungkinan berasal dari wilayah Irak. Esper tidak mengesampingkan gagasan bahwa pasukan militer AS akan melancarkan misi kontra-terorisme di Suriah dari wilayah Irak. Namun dia menyebutkan bahwa detail soal misi itu masih akan disusun di kemudian hari.


Diketahui bahwa Trump pernah menyampaikan kicauan via Twitter berbunyi: "Tentara-tentara AS tidak ada di zona pertempuran atau zona gencatan senjata. Kita telah mengamankan minyak. Bawa pulang para tentara!"

Beberapa pekan lalu, Trump menegaskan bahwa AS tidak akan membela milisi Kurdi yang sebelumnya membantu militer AS dalam memerangi ISIS di Suriah. Penegasan disampaikan usai Turki mengumumkan rencana operasi militer terhadap milisi Kurdi di Suriah yang dianggap sebagai 'teroris'.

"Ini saatnya bagi kita untuk pulang," ucap Trump saat itu, membela keputusannya menarik tentara AS dari sepanjang perbatasan Suriah dan Turki.

Tentara AS memasang bendera nasional AS pada kendaraan militer di kota Tel Tamr, Suriah bagian utaraTentara AS memasang bendera nasional AS pada kendaraan militer di kota Tel Tamr, Suriah bagian utara Foto: AP Photo/Baderkhan Ahmad

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com