detikNews
2019/10/18 13:26:11 WIB

Upaya Penangkapan Anak El Chapo di Meksiko Diwarnai Baku Tembak Sengit

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Upaya Penangkapan Anak El Chapo di Meksiko Diwarnai Baku Tembak Sengit Situasi saat anggota kartel narkoba membakar kendaraan untuk memblokir jalan usai anak El Chapo ditahan polisi militer Meksiko (REUTERS/Jesus Bustamante)
Mexico City - Operasi penangkapan anak gembong narkoba asal Meksiko, Joaquin 'El Chapo' Guzman, berlangsung dramatis dengan diwarnai baku tembak sengit di jalanan kota Culiacan. Anak El Chapo sempat ditangkap sebentar oleh polisi militer Meksiko, sebelum dilepaskan usai polisi digeruduk anggota kartel narkoba Sinaloa.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Jumat (18/10/2019), Menteri Keamanan Meksiko, Alfonso Durazo, awalnya memberikan konfirmasi penangkapan Ovidio Guzman, salah satu anak laki-laki El Chapo yang diekstradisi dan kini dipenjara di Amerika Serikat (AS).

Ovidio ditangkap dan diamankan di sebuah rumah di Culiacan. Diketahui bahwa Ovidio diduga terlibat dalam praktik penyelundupan narkoba ke AS.


Beberapa saat kemudian, Durazo mengungkapkan bahwa Ovidio terpaksa dilepaskan karena patroli polisi-militer dari Garda Nasional diserang anggota kartel narkoba Sinaloa yang dipimpin Guzman. Baku tembak sengit antara polisi militer dan anggota kartel tak terhindarkan pada Kamis (17/10) waktu setempat.

Gambar-gambar yang ditayangkan televisi lokal menunjukkan momen saat personel militer dan kepolisian Meksiko diserang oleh sekelompok pria bersenjatakan senapan otomatis. Para pria bersenjata bahkan memblokir lalu lintas dengan membakar sebuah kendaraan dan melepas tembakan hingga memicu kepanikan.

Para pengendara yang panik keluar dari mobil dan berlari menjauhi lokasi. Baku tembak sengit bahkan menyebar ke beberapa bagian lain di kota Culiacan, yang berjarak 600 kilometer sebelah barat laut Mexico City dan diketahui merupakan markas kuat kartel narkoba Sinaloa.

Situasi saat anggota kartel narkoba membakar kendaraan untuk memblokir jalan usai anak El Chapo ditahan polisi militer MeksikoSituasi saat anggota kartel narkoba membakar kendaraan untuk memblokir jalan usai anak El Chapo ditahan polisi militer Meksiko Foto: REUTERS/Jesus Bustamante

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com