detikNews
2019/10/17 18:31:26 WIB

Sembunyikan Anak di Bagasi Penuh Belatung, Wanita di Prancis Dibui 5 Tahun

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sembunyikan Anak di Bagasi Penuh Belatung, Wanita di Prancis Dibui 5 Tahun Rosa Maria Da Cruz (GEORGES GOBET/AFP)
Paris - Pengadilan Prancis menjatuhkan hukuman lima tahun penjara terhadap seorang wanita yang menyembunyikan bayinya dari keluarganya sendiri selama dua tahun. Bayi yang dilahirkan secara diam-diam itu seringkali disembunyikan wanita ini di dalam bagasi mobil yang penuh belatung.

Seperti dilansir AFP, Kamis (17/10/2019), kasus ini terbongkar tahun 2013 lalu, saat bayi perempuan itu berusia 2 tahun. Kini bocah itu sudah berusia 7 tahun.

Wanita bernama Rosa Maria Da Cruz itu diketahui menyembunyikan anaknya sejak dia lahir. Menurut dokter, bocah mengalami trauma permanen atas perlakuan buruk yang diterimanya dari sang ibunda. Saat ini, sebut dokter, bocah itu memiliki kapasitas mental setara anak umur 2-3 tahun.


Persidangan kasus ini dimulai tahun lalu dan berlanjut hingga tahun ini, sebelum akhirnya vonis akhir dijatuhkan. Disebutkan jaksa dalam sidang bahwa Cruz menyembunyikan anaknya di dalam tas jinjing selama dua tahun.

Namun anak itu lebih sering disembunyikan di dalam bagasi mobil dan terkadang di sebuah kamar rahasia di rumahnya yang ada di wilayah Correze, Prancis bagian tengah. Tidak ada yang mengetahui keberadaan anak tersebut, termasuk suami dan keluarga Cruz.

Seorang montir menemukan anak itu di dalam bagasi mobil Cruz yang jorok, saat dia membawa mobilnya ke bengkel untuk diperbaiki. Mendengar ada suara dari bagasi, si montir membukanya dan menemukan seorang bayi perempuan dalam keadaan telanjang, dekil dan mengalami dehidrasi. Saat ditemukan, bayi itu dikelilingi belatung dan tinja.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com