detikNews
2019/10/16 14:39:07 WIB

'Pesan Menantang' Kim Jong-Un yang Tunggangi Kuda Putih di Gunung Sakral

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 3 dari 3
Pesan Menantang Kim Jong-Un yang Tunggangi Kuda Putih di Gunung Sakral Kim Jong-Un menunggang kuda putih di Gunung Paektu (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Sejumlah pakar menyebut retorika dalam laporan KCNA berkutat seputar perekonomian, namun mereka juga mencurigai Korut mungkin akan melakukan peluncuran luar angkasa. Hal itu dinilai akan memampukan Korut untuk memamerkan kekuatan perekonomian dan teknologi dalam cara yang kurang provokatif seperti uji coba ICBM.

Rachel Minyoung Lee selaku analis dari situs berita yang memantau Korut, NK News, menyebut istilah yang digunakan dalam laporan KCNA menunjukkan Kim Jong-Un mungkin 'sedang memikirkan sejumlah keputusan kebijakan besar'.

"Laporan dalam bahasa Korea mengkarakterisasikan aktivitas Kim mendaki Gunung Paektu dengan menunggang kuda sebagai 'mitos' baru dan hal itu, bersama dengan gambar dirinya di atas kuda putih, tampaknya dimaksudkan untuk menciptakan efek propaganda maksimum, yang saya yakini akan dimainkan media mendatang," ujarnya.


(nvc/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com