detikNews
2019/10/15 11:16:25 WIB

Tikam 2 Turis Amerika di Amsterdam, Pria Afghanistan Dibui 26 Tahun

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tikam 2 Turis Amerika di Amsterdam, Pria Afghanistan Dibui 26 Tahun Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Amsterdam - Pengadilan Belanda menjatuhkan hukuman penjara 26 tahun dan 8 bulan pada seorang pria Afghanistan atas penikaman dua turis Amerika dalam serangan di stasiun kereta di Amsterdam.

Terdakwa berumur 20 tahun yang hanya diidentifikasi sebagai Jawed S tersebut, juga diperintahkan oleh pengadilan distrik Amsterdam untuk membayar kompensasi hampir tiga juta euro menyusul serangan pada 31 Agustus 2018 tersebut.

Akibat penusukan itu, satu dari dua turis Amerika yang terluka dalam serangan tersebut, hingga saat ini harus mengenakan kursi roda. Saat kejadian, aksi penusukan itu menimbulkan kepanikan para komuter di stasiun Central, stasiun kereta paling sibuk di kota Amsterdam. Saat itu, polisi sempat menembak Jawed S. sebelum menangkapnya.


"Dia tak pernah menunjukkan penyesalan selama persidangannya, berulang kali mengatakan bahwa dia akan kembali melakukan hal yang sama jika agamanya dihina," kata hakim seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (15/10/2019).

"Risiso terulangnya pelanggaran, oleh karena itu sangat tinggi dan pengadilan menyatakan bahwa penting agar masyarakat dilindungi dari dia selama mungkin," imbuh hakim.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com