detikNews
2019/10/11 12:41:03 WIB

Kebakaran Hutan Meluas, 1 Juta Orang di California Hidup Tanpa Listrik

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kebakaran Hutan Meluas, 1 Juta Orang di California Hidup Tanpa Listrik Situasi di California saat pemadaman listrik untuk pencegahan (Jose Carlos Fajardo/East Bay Times via AP)
California - Lebih dari 1 juta warga California, Amerika Serikat (AS) tidak mendapat suplai listrik karena pemadaman sebagai langkah pencegahan saat kebakaran hutan kembali muncul. Kebakaran hutan lokal telah diperparah oleh kondisi cuaca yang panas dan berangin hingga memperluas kebakaran ke wilayah selatan menuju Los Angeles.

Seperti dilansir AFP, Jumat (11/10/2019), sekitar 600 ribu pelanggan -- atau mencakup lebih dari 1 juta orang -- di California bagian utara terpaksa hidup tanpa listrik pada Kamis (10/10) waktu setempat, setelah Pacific Gas & Electric memutuskan suplai listrik sehari sebelumnya.

Langkah tersebut diambil sebagai upaya untuk mencegah terulangnya tragedi kebakaran hutan yang menewaskan 86 orang, tahun lalu.


Pemutusan suplai listrik lebih awal ini memampukan perusahaan-perusahaan listrik untuk memeriksa kabel-kabel tegangan tinggi yang mungkin mengalami kerusakan, saat kondisi mudah terbakar akibat angin kencang dan banyaknya vegetasi kering.

Dengan tingginya risiko angin kencang yang meluas ke bagian selatan Los Angeles, sekitar 13 ribu konsumen dari Southern California Edison juga terpaksa tidak mendapat suplai listrik pada Kamis (10/10) waktu setempat.

Di wilayah selatan California, San Diego Gas & Electric memperingatkan 30 ribu konsumennya yang tinggal di area berisiko tinggi yang akan diputuskan suplai listriknya jika kondisi semakin buruk.

Situasi di California saat pemadaman listrik untuk pencegahanSituasi di California saat pemadaman listrik untuk pencegahan Foto: Jose Carlos Fajardo/East Bay Times via AP

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com