detikNews
2019/10/10 19:37:08 WIB

Paus Bungkuk Sepanjang 10 Meter Ditemukan Mati di Sungai Thames

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Paus Bungkuk Sepanjang 10 Meter Ditemukan Mati di Sungai Thames Bangkai paus punggung bungkuk sepanjang 10 meter ditemukan terapung di Sungai Thames (Twitter/SimonWest26 via Channel News Asia)
London - Seekor paus bungkuk (humpback) yang awal pekan ini diketahui hidup di Sungai Thames, London, Inggris, ditemukan telah mati. Bangkai paus sepanjang 10 meter ini akan diserahkan kepada para ilmuwan untuk diautopsi lebih lanjut.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (10/10/2019), paus bungkuk itu ditemukan mati di perairan dangkal di dekat wilayah Greenhithe di Kent, London bagian timur pada Selasa (8/10) malam waktu setempat. Bangkai paus itu kemudian ditarik ke tepi sungai pada malam harinya.


Bangkai paus itu dievakuasi dari bawah QE2 Bridge dan dibawa ke fasilitas Otoritas Pelabuhan London di Gravesend. Otoritas Pelabuhan London membantu proses evakuasi bangkai paus tersebut.

"Ini sangat menyedihkan -- saya hanya berjarak dua kaki (60 cm) dari paus yang mati ini," ucap juru bicara Otoritas Pelabuhan London, Martin Garside, dalam pernyataannya.

"Situasinya memilukan juga sedikit ngeri sebenarnya -- lalu lintas di jalanan sibuk di Inggris terdengar gemuruh di atasnya dan semua orang yang ada di dalam mobil dan truk tidak sadar bahwa ada seekor paus cantik sepanjang 10 meter yang mengapung mati di bawah mereka," tuturnya.


Paus itu berukuran sangat besar sehingga kapal-kapal patroli milik Otoritas Pelabuhan London berjuang untuk menariknya ke pinggir sungai. "Ukurannya lebih besar dari kapal patroli yang saya tumpangi, tidak diragukan lagi, dan ukurannya mencapai panjang kapal patroli yang lebih besar jadi saya mengatakan minimum panjangnya 10 meter," sebut Garside.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com