detikNews
2019/10/10 12:19:01 WIB

Menlu AS Kecam Perlakuan China terhadap Uighur dan Muslim Lainnya

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menlu AS Kecam Perlakuan China terhadap Uighur dan Muslim Lainnya Menlu AS Mike Pompeo (AFP Photo/Don EMMERT)
Washington DC - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo kembali mengkritik perlakuan otoritas China terhadap warga muslim, termasuk etnis minoritas Uighur. Pompeo menuduh China telah melakukan 'pelanggaran hak asasi manusia (HAM) besar-besaran' terhadap warga muslim.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (10/10/2019), Pompeo juga menegaskan bahwa otoritas AS akan terus mengangkat isu ini dalam setiap forum.

"Ini tidak hanya pelanggaran HAM besar-besaran, tapi kami juga berpikir tidak menjadi kepentingan terbaik di dunia atau China untuk terlibat dalam perilaku seperti ini," ucap Pompeo dalam wawancara dengan televisi lokal, Public Broadcasting Service (PBS).


Saat ditanya lebih lanjut apakah Presiden China Xi Jinping bertanggung jawab, Pompeo menjawab: "Xi Jinping memimpin negara seperti pemimpin satu peleton tank, sebuah bisnis kecil atau sebuah negara, yang bertanggung jawab atas hal-hal yang terjadi atas nama Anda."

Otoritas AS pada pekan ini menambah panjang daftar hitam dengan memasukkan sejumlah perusahaan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang diyakini terlibat dalam perlakuan kasar terhadap Uighur dan minoritas muslim lainnya di Provinsi Xinjiang, China.

Tidak hanya itu, AS juga mengumumkan pembatasan visa untuk pemerintah China dan pejabat Partai Komunis China yang diyakini bertanggung jawab atas penahanan atau penganiayaan terhadap warga minoritas muslim di Provinsi Xinjiang.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com