detikNews
2019/10/09 14:06:45 WIB

AS Tangkap Hampir Satu Juta Migran di Perbatasan dengan Meksiko

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
AS Tangkap Hampir Satu Juta Migran di Perbatasan dengan Meksiko Ratusan imigran Honduras menerobos perbatasan Meksiko untuk menuju Amerika Serikat (Foto: REUTERS/Edgard Garrido)
Washington - Agen-agen perbatasan Amerika Serikat telah menangkap atau mencegat hampir satu juta migran ilegal di perbatasan selatan dengan Meksiko dalam waktu 12 bulan terakhir. Ini merupakan jumlah tertinggi dalam kurun waktu lebih dari satu dekade.

Lonjakan ini terjadi seiring upaya keras Presiden Donald Trump untuk menghentikan imigrasi ilegal, yang baru mulai menunjukkan hasil dalam tiga bulan terakhir, ketika jumlah penangkapan di perbatasan turun drastis.

Pjs Direktur Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP), Mark Morgan mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (9/10/2019), para migran yang ditangkap di perbatasan Meksiko turun menjadi hanya sekitar 52 ribu orang pada September lalu, bulan akhir dalam tahun fiskal 2019. Angka ini turun dari 144 ribu orang pada Mei lalu dan merupakan angka bulanan terendah dalam satu tahun.


Sebagian besar migran yang ditangkap itu adalah para migran Amerika Tengah yang kabur dari kemiskinan dan kekerasan, yang menyeberangi perbatasan dalam kelompok-kelompok besar dan unit-unit keluarga dari Meksiko ke AS.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com