Dituduh Menyesatkan Soal 737 MAX, Boeing Digugat Pilot Southwest Airlines

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 08 Okt 2019 11:22 WIB
Ilustrasi (ABC Australia)
Texas - Asosiasi pilot maskapai Southwest Airlines (SWAPA) akan mengajukan gugatan hukum terhadap pihak Boeing Co. Dalam gugatan hukum itu, Boeing dituduh 'secara sengaja menyesatkan' pihak maskapai dan para pilot soal Boeing 737 MAX.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (8/10/2019), SWAPA menyebut bahwa grounded terhadap Boeing 737 MAX sejak Maret lalu telah membatalkan lebih dari 30 ribu penerbangan Southwest Airlines, yang menyebabkan hilangnya gaji para pilot sebesar US$ 100 juta.


Southwest Airlines merupakan pengguna terbesar Boeing 737 MAX dengan memiliki 34 unit pesawat dalam armadanya saat pesawat jenis itu di-grounded usai dua tragedi maut Lion Air JT 610 dan Ethiopian Airlines ET 302 yang menewaskan 346 orang.

Gugatan hukum itu diajukan ke District Court of Dallas County di Texas.

"Boeing menanggalkan desain audio dan praktik permesinan, menahan informasi kritis soal keselamatan dari para regulator dan secara sengaja menyesatkan para pelanggannya, para pilot dan publik soal ruang lingkup sebenarnya terkait perubahan desain pada 737 MAX," demikian isi gugatan tersebut.
Selanjutnya
Halaman
1 2