detikNews
2019/10/07 19:22:18 WIB

Iran Tegaskan Jurnalis Rusia Ditahan terkait Visa, Bukan Spionase

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Iran Tegaskan Jurnalis Rusia Ditahan terkait Visa, Bukan Spionase Ilustrasi (REUTERS/Dario Pignatelli)
Teheran - Seorang jurnalis asal Rusia ditangkap di Teheran, Iran, pekan lalu. Pemerintah Iran menegaskan bahwa jurnalis asing itu ditahan karena pelanggaran visa, bukan terkait spionase seperti yang dilaporkan sebelumnya.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (7/10/2019), jurnalis wanita bernama Yulia Yuzik (38) ini ditangkap di sebuah hotel di Teheran pada Kamis (3/10) lalu. Informasi soal penangkapan itu dilaporkan media-media Rusia yang mengutip keterangan mantan suami Yuzik, Boris Voitsekhovskiy, yang juga seorang jurnalis.

Pada saat itu, juru bicara Kedutaan Besar Rusia di Teheran menyebut Yuzik 'dituduh bekerja untuk dinas rahasia Israel'.


Namun dalam pernyataan terbaru pada Senin (7/10) waktu setempat, juru bicara pemerintah Iran, Ali Rabiei, membantah laporan tersebut. Ditegaskan Rabiei bahwa Yuzik tidak ditahan karena tuduhan spionase.

"Sejauh yang saya ketahui, kasus ini terkait kejahatan wanita tersebut menyangkut visa dan kejahatan lainnya," tutur Rabiei dalam konferensi pers di Teheran.

"Kasus ini tidak berkaitan dengan kontra-spionase," tegasnya. "Kasus ini di bawah pengkajian cepat oleh otoritas Iran," imbuh Rabiei.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com