detikNews
Minggu 06 Oktober 2019, 03:05 WIB

16 Orang Tewas Akibat Serangan Rival Boko Haram di Nigeria

Matius Alfons - detikNews
16 Orang Tewas Akibat Serangan Rival Boko Haram di Nigeria Ilustrasi serangan oleh kelompok bersenjata di Nigeria (Foto: REUTERS/Kolawole Adewale)
Kano - Serangan yang dilakukan kelompok saingan Boko Haram menewaskan 16 orang di negara bagian Borno, timur laut Nigeria. 11 orang yang tewas di antaranya tentara.

Dilansir AFP, Minggu (6/10/2019), penyerangan dilakukan oleh rival Boko Haram. Sejumlah tentara dan masyarakat sipil menjadi korban penyerangan pada hari Kamis dan Sabtu kemarin.


Pada hari Kamis, pejuang ISIS Afrika Barat yang selaras dengan ISIS menyergap konvoi tentara dekat desa Mauro, Distrik Benisheikh.

"Pasukan kami yang sedang patroli disergap oleh teroris, 11 tentara ditangkap dan 16 lainnya terluka. Dua tentara lainnya masih menghilang," ucap salah satu tentara.

"Para teroris membawa kabur 11 pucuk senjata AK-47 dan senjata anti-aircraft yang terpasang di truk," sambungnya.

Selain itu di hari yang sama, penembak Boko Haram juga menembak sebuah kendaraan di desa Frigi. Akibatnya, satu orang tewas dan yang lainnya terluka. Pejuang jihadis juga membunuh dua pasukan milisi di Gubion.

Pada penyerangan hari Sabtu, Pasukan milisi Boko Haram menyerbu sebuah kamp pengungsian dekat perbatasan Kamerun. Dua masyarakat sipil tewas dan tiga penjaga area terluka.

Kampanye Boko Haram selama satu dekade telah menewaskan 35 ribu orang dan mengungsikan 2 juta orang dari rumahnya di Nigeria bagian timur laut. Kekerasan juga menyebar ke Nigeria, Chad dan Kamerun.


16 Orang Tewas Akibat Serangan Rival Boko Haram di Nigeria

(maa/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com